Snack Sehat yang Cocok untuk Lansia

Posted on November 30, 2020 in Main by

Jika seseorang sudah masuk kategori lanjut usia, maka pola makan harus dijaga. Tetapi, bagaimana bagi jika suka ngemil? Nah, dalam artikel kali ini kami akan memberikan resep snack sehat yang cocok untuk lansia.

Kondisi fisik akan berubah semakin dengan bertambahnya usia sehingga membutuhkan sebuah asupan gizi yang juga berbeda. Hal yang menyebabkan lansia memiliki kebutuhan gizi yang sudah berbeda, dikarenakan mereka mengalami penurunan massa tubuh dan kecepatan metabolisme. Selain itu juga, karena menurunnya kemampuan kerja dari organ-organ tubuh untuk dapat memprosesnya secara maksimal.
Snack Sehat yang Cocok untuk Lansia

Snack Sehat yang Cocok untuk Lansia

Golongan lansia membutuhkan sebuah kebutuhan gizi yang khusus. Asupan lansia juga harus lebih ditingkatkan agar mereka dapat beraktivitas dengan sehat. Asupan gizi yang penting untuk tubuh lansia seperti asam lemak dan omega 3 yang bisa didapatkan dari minyak ikan. Selanjutnya lansia juga banyak mengonsumsi air putih dan makanan mengandung vitamin D serta kalsium.

Batasi Gula, Garam, dan Lemak

Hal yang perlu dibatasi oleh lansia yaitu kandungan gula, garam, dan lemak. Garam dan gula akan menjadi berbahaya karena mayoritas lansia akan menderita hipertensi. Salah satu jenis lemak yang juga perlu dihindari adalah lemak jenuh, biasanya terdapat di dalam mentega, gajih pada daging sapi, dan juga kulit ayam.

Perhatikan Kebutuhan Kalori

Anda juga harus selalu mempertimbangkan kebutuhan kalori dari lansia, karena kebutuhan kalori untuk tubuh juga akan berkurang saat usia lanjut. Hal ini terjadi agar nantinya berat badan tidak bertambah sehingga bisa menurunkan risiko terkena penyakit seperti jantung, diabetes, atau kolesterol.

Atur Porsi Makan

Lansia juga harus dapat mengatur porsi makannya, agar tubuh dapat selalu sehat. Pola makan yang nantinya tidak teratur dapat menyebabkan munculnya beberapa penyakit, seperti tekanan darah yang tinggi, penyakit jantung, kolesterol tinggi, dan juga penyakit diabetes. Karena itulah pengaturan porsi makan ini menjadi sebuah hal yang cukup penting.

Porsi makan lansia juga akan berbeda-beda untuk setiap individu, tetapi National Institute on Aging juga menganjurkan untuk dapat mengonsumsi sayur dan juga buah-buahan lima porsi perhari. Kemudian untuk beras, gandum, dan biji-bijian sebanyak 150 sampai dengan 300 gram per hari.

Makanan sumber protein seperti daging ayam s1288 yang banyak orang konsumsi, tahu, ikan, dan juga tempe dalam sehari dibutuhkan 150 sampai 200 gram. Selanjutnya susu sebesar 3 gelas per hari, dan minyak sebesar 5 sampai 8 sendok teh, juga batasi konsumsi gula. Usahakan juga nantinya hanya mengonsumsi 4 sendok makan gula dan 1 sendok teh garam dalam per hari. Berikut ini, beberapa resep snack yang kami rekomendasikan untuk kesehatan lansia.

Bubur Kacang Hijau

Salah satu snack sehat lansia adalah bubur kacang hijau. Kacang hijau yang mengandung sejumlah mineral yang juga sangat penting untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya seperti kalsium, asam folat, magnesium, besi, dan fosfor. Kandungan kalsium dan juga magnesium yang ada di dalamnya sangat baik untuk kesehatan jantung.

Berikut beberapa bahan yang nantinya perlu disiapkan yaitu kacang hijau sebanyak 250 g yang telah dicuci dan juga direndam selama satu jam, air mineral 2 liter, gula merah 100 g, santan kental 150 ml, gula pasir 4 sdm, garam secukupnya, jahe, dan daun pandan.

Smoothie

Smoothie adalah sebuah snack sehat yang pas untuk lansia, snack ini juga dapat menunda rasa lapar. Selain itu, smoothie yang dibuat dengan menggunakan alpukat, selai kacang dan greek yoghurt sebagai pengentalnya akan sangat bergizi sehingga cemilan tersebut bisa sangat cocok untuk lansia.

Anda bisa membuatnya smoothie ini sendiri di rumah, salah satu resepnya yaitu Smoothies Mangga Wortel. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah 240 ml susu almond, 1,5 almond butter, wortel parut, mangga segar yang nantinya dipotong dadu, dan es batu. Cara membuatnya juga sangatlah mudah, hanya dengan mencampurkan semua bahan tadi ke dalam blender hingga teksturnya menjadi sangat kental.

Trail Mix

Trail mix adalah sebuah camilan sehat yang terbuat dari berbagai buah kering dan juga terbuat dari aneka kacang-kacangan. Snack ini sangat dibutuhkan oleh lansia karena mengandung protein, karbohidrat, kalsium, folat, zat besi, dan juga berbagai vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh lansia.

Anda bisa membuat camilan ini cukup mudah di rumah, bahan-bahan yang diperlukan adalah 2 cup kacang panggang kering yang telah diasinkan, kemudian 2 cup kismis, 2 cup pretzel, dan 1 cup selai kacang. Cara membuatnya juga sangatlah sederhana hanya dengan mencampurkan semua bahannya di dalam mangkuk besar, lalu kemudian tutup dan simpan agar nantinya tetap renyah.

Yoghurt dengan Buah

Hasil fermentasi dari susu ini kaya akan vitamin dan probiotik yang nantinya sangat baik untuk pencernaan. Yoghurt juga bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang panggul khususnya pada wanita. Mengonsumsi yoghurt diketahui dapat ampuh mengurangi risiko osteoporosis yang biasanya akan sering terjadi pada lansia. Agar yoghurt semakin menyehatkan, Anda juga bisa mencampurkannya dengan aneka buah-buahan.

Sandwich Daging dan Sayur

Sandwich adalah sebuah snack yang enak dan juga sangat menyehatkan. Camilan yang satu ini sangat cocok untuk tubuh lansia, terutama dengan isian daging dan sayur. Sayuran akan dapat mencukupi kebutuhan serat, vitamin, dan juga mineral. Kemudian untuk proteinnya bisa didapat dari daging. Untuk nutrisi karbohidratnya, Anda bisa menggunakan roti gandum atau juga sourdough yang lebih kaya serat dan juga lebih sehat.

Cheese and Cracker

Cheese and cracker adalah sebuah camilan sehat yang sangat cocok untuk lansia. Snack atau camilan ini kaya akan serat dari cracker yang terbuat dari gandum juga kalsium dan fosfor dari kejunya. Makanan sehat ini juga bisa Anda buat sendiri di rumah.

Dengan bahan-bahan yang cukup sederhana, dan harus Anda siapkan yaitu keju cheddar yang telah dipotong dadu besar, smoked beef, serta 1 ikat daun kemangi yang hanya diambil daunnya saja. Bahan selanjutnya 1 bungkus cracker asin dan 2 sendok makan minyak goreng.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu hanya dengan cara memanaskan minyak, masak smoked beef hingga sedikit kering atau sampai berubah warna. Kemudian susun cracker, smoke beef, daun kemangi, dan juga keju. Lalu Tusuk dengan lidi agar tidak jatuh.

Telur Rebus Matang

Telur rebus matang adalah sebuah snack yang cukup sehat yang sangat cocok untuk lansia karena mengandung 78 kalori. Namun perhatikan konsumsinya, karena telur rebus juga mengandung karbohidrat dan kolesterol.

Demikian itulah beberapa rekomendasi camilan sehat untuk lansia. Anda nantinya tidak perlu bingung untuk menyiapkan snack apa yang pas untuk lansia. Kebutuhan nutrisi untuk lansia menjadi sebuah hal yang nantinya harus dipenuhi, oleh karena itu anda bisa mencoba beberapa resep ini. Selamat mencoba!