Next, Memberikan Sajian yang Layak untuk Lansia !

Posted on February 9, 2021 in Kesehatan Lansia by

Sangat beragam sekali kondisi dari penurunan selera makan para Lansia yang akan mudah ditemui dan sulit untuk dihindari. Namun dalam hal ini kalian tidak perlu takut, sebab akan ada beberapa cara yang mana mampu untuk diterapkan agar nantinya tubuh tetap terjaga nutrisinya secara optimal. Pemenuhan dari nutrisi ini memang sangat amat penting, kami yakin banyak dokter yang menyarankan untuk menjaga asupan nutrisi dengan sebaik mungkin melalui tolak ukur usia masing-masing. Pemenuhan nutrisi memang sangat penting sekali bagi tubuh di dalam meningkatkan energi agar mpo slot online terbaru bisa tetap beraktivitas fisik dengan mandiri. 

Tak sampai situ saja, Nutrisi juga akan menjaga kerja sistem imun di dalam mencegah Infeksi penyakit, termasuk menekan angka resiko terjadinya masa osteoporosis – lalu tekanan darah tinggi – mengalami gangguan Jantung – diabetes pada tipe 2 sampai dengan penyakit kanker. Makanan yang diberikan memang perlu disesuaikan sekali dengan kondisi dari tubuh lansia. Dimulai dari pemilihan atas nutrisi, lalu pada pengolahan makanan sampai pengaturan dari pola makan itu sendiri. 

Selalu Memberikan Makanan Bernutrisi untuk Lansia 

Agar nantinya para lansia ini mendapatkan sebuah kualitas hidup yang baik dan sehat terhadap tubuhnya yang bertenaga, ada baiknya kalian selaku yang muda menyajikan makanan sehat bernutrisi untuk para lansia tersebut. Di dalam pemilihan dari menu makanan, ada baiknya fokus pada asupan yang mendorong energi menjadi meningkat. Pemilihan dari nutrisi ini sangat amat penting dan berguna sekali dalam menjaga adanya berat badan yang normal, lalu mampu untuk menjaga berat badan yang normal – menguatkan otot tubuh sampai dengan mendukung adanya metabolisme dalam tubuh. 

Pemilihan nutrisi yang baik bisa berupa : 

A. Asupan Protein 

Makanan berprotein dalam tiap menu harian lansia memang akan memberikan kekuatan tersendiri dan mampu meningkatkan energi dalam tubuh mereka masing-masing. Asupan protein yang dikatakan sehat untuk diberikan ke banyak lansia dari bahan-bahan seperti Telur – Daging Unggas maupun Sapi yang memang dimasak selunak mungkin – Ikan dimasak tanpa menggunakan tulang serta ditambah dengan susu bagi para lansia. 

Disini lansia juga akan diberikan asupan tambahan susu yang mana mengandung protein whey. Protein ini memang khususnya berbentuk cair yang akan mudah sekali diserap dan mempercepat adanya pengosongan lambung. Sehingga disini lansia bisa tetap mengkonsumsi makanan setelahnya. Secara biologis untuk Protein Whey ini mengandung asam amino lengkap serta mudah sekali untuk diserap tubuh lansia. Karena lansia juga sering sekali kehilangan massa otot dalam tubuh, maka dari itulah kalian membantunya dalam memberikan asupan asam amino secara teratur agar nantinya kemampuan fisik mereka aktif kembali. 

B. Asupan Karbohidrat 

Dimana kalian bisa memulihkan energi para lansia ini dengan memilih jenis makanan seperti : Kentang di kukus agar lembut, Oats atau Sereal, Nasi sampai dengan Roti atau Gandum. Untuk pengolahannya sendiri kalian harus benar-benar bisa memastikan, makanan berkarbohidrat ini memiliki tekstur yang lembut agar nantinya lansia bisa mudah mengunyah dan mampu menelan makanan. 

C. Asupan Lemak Nabati 

Dalam memberikan asupan ini, kalian bisa memilih asupan lemak sehat dari Tumbuhan – asupan buah-buahan yakni Alpukat – produk kedelai dan kacang-kacangan sehat yakni Almond, Kedelai, Macadamia. 

D. Asupan Serat 

Untuk serat, kalian bisa memberikan komposisi makanan seperti Buah-Buahan dan Sayuran yakni Tomat – melon – semangka – Strawberry – Wortel an masih banyak lagi yang lainnya. Bisa memakai perhitungan rasio 2/3 Sayuran dan 1/3 Buah Buahan di setiap harinya agar kalori lansia ini tetap terjaga. Jangan lupa, cukupi kebutuhan mineralnya 1,5 sampai 2 L/hari. 

Selalu Mengolah Makanan Lansia yang Mudah Ditelan 

Dalam kasus ini kalian bisa benar-benar menyiapkan makanan dengan  tekstur yang lembut dan dicincang halus. Agar nantinya, mudah ditelan melalui tenggorokan para lansia. Kurang lebih tepatnya adalah makanan tersebut harus selembut seperti makanan untuk para bayi. Di dalam memproses makanan ini, sebisa mungkin menghindari adanya pemakaian minyak yang berlebih. Makanan sehat akan jauh lebih baik diproses dengan cara direbus saja atau dikukus juga boleh. Kalau lansia ingin snack, maka berikan saja biskuit. 

Jangan lupa, untuk kalian yang ingin menyajikan makanan tersebut bisa dengan cara diblender pada pemakaian bahan Daging dan Ikan ( sebelumnya harus dihilangkan tulang-tulangnya ). Namun ada saja pastinya para lansia yang menolak memakan makanan tersebut. Nah dalam hal ini jika mereka masih mampu mengunyah dan menelan, biarkan saja mereka makan pada produk olahan biasa namun dengan potongan yang lebih kecil-kecil ya bentuknya. Dengan begini mereka jadi jauh lebih mudah mengkonsumsinya. Sebisa mungkin juga berikan jus buah seperti Alpukat atau Melon atau Semangka yang memang memiliki serat bagus untuk tubuh dan mudah sekali untuk dikonsumsi. 

Selalu Menjaga Pola Makan Lansia Secara Teratur 

Kalian juga harus memastikan kembali memiliki jadwal makan yang tetap dan teratur agar nantinya nutrisi di dalam tubuh mereka bisa tetap saja terjaga. Disini kalian bisa menetapkan 3x Jadwal makan besar di setiap harinya. Dimulai jadwal makan pagi, makan siang dan makan malam. Pastikan juga para lansia ini tidak pernah melewatkan jam makan untuk menurunkan resiko malnutrisi. Terutama sekali sarapan untuk menghimpun tenaga dikarenakan semalaman perut tidak diisi makanan. 

Untuk lansia yang mudah sekali mengalami kenyang, bisa dipastikan jumlah makanannya dikurangi. Sebagai contoh : lansia hanya makan 6 sampai 10x sendok saja dalam 1x jadwal yang ada. Nantinya masih diselingi oleh makanan snack sehat lainnya seperti buah-buahan yang lunak dipotong menjadi kecil-kecil, hal ini agar nantinya lansia masih mendapatkan vitamin dan mineral serta serat yang sehat untuk tubuh. 

Menghindari Selalu Makanan yang Memicu Masalah Pencernaan 

Seperti yang sudah disebutkan pada artikel sebelumnya, yakni lansia mudah sekali mengalami gangguan pencernaan. Maka dari itu, kalian jangan pernah memberikan makanan pemicu gangguan pencernaan seperti Lambung atau Maag. hal ini memang perlu sekali diperhatikan saat membelikan makanan untuk orang tua yang sedang sakit pastinya. Berikut ini makanan dan minuman yang memang harus dihindari oleh para lansia dimanapun mereka berada, termasuk orang tua dari para pembaca artikel ini ya : 

  • Hindari minuman bersoda
  • Hindari memberikan makanan pedas 
  • Hindari makanan dengan tinggi lemak yang tidak jelas 
  • Menghindari meminum teh maupun kopi 
  • Jangan berikan makanan pedas dan asam secara berbarengan 

Mungkin ke-4 hal yang sudah kami berikan diatas ini menjadi sebuah cara dalam memberikan nutrisi yang tepat bagi para lansia. Kalian juga bisa sebenarnya memberikan nutrisi yang tepat bagi lansia. Disini kalian juga bisa memberikan susu yang mengandung protein Whey dan juga sudah ditambahkan nutrisi penting seperti harus ada Serat – harus ada Vitamin C – harus ada Vitamin E, Vitamin B6 dan B12. dengan konsumsi ini yang sesuai, amak akan mampu membangkitkan kembali kekuatan fisik lansia untuk beraktivitas.