Pantangan Makanan untuk Dikonsumsi Lansia

Posted on July 20, 2020 in makanan baik untuk usia 50 tahu ke atas, Pola Makan Lansia by

Menjaga sebuah asupan makanan adalah salah satu hal yang penting yang wajib untuk dapat dilakukan, terlebih juga jika seseorang sendiri sudah memasuki sebuah usia yaitu usia lanjut. Pasalnya jika seseorang sudah memasuki fase tersebut maka beberapa orang biasanya akan mudah merasakan beberapa gejala penyakit. Menjaga sebuah asupan merupakan hal yang wajib dilakukan pada saat seseorang menginjak usia 30 an biasanya gejala seperti diabetes, dan juga hipertensi sudah muncul. Oleh karena itu, menjaga asupan makanan dan dapat menghindarinya dari beberapa pantangan makanan adalah hal yang wajib yang dapat dilakukan untuk dapat memelihara sebuah kesehatan dan akan tetap lancar untuk menjalankan segala aktivitas.

Makanan yang Sebaiknya dihindari Oleh Lansia

Usia yang sudah semakin tua pun akan menyebabkan metabolisme tubuh lebih lambat dan juga akan menurun. Alhasil nantinya akan menurun selera makan dan jumlah asupan makanan yang masuk ke tubuh akan jauh lebih sedikit. Tidak hanya itu, akibat dengan adanya penurunan fungsi indera dan juga konsumsi ini obat-obatan secara rutin juga dapat menyebabkan selera makanan mereka menjadi semakin menurun. Meskipun begitu mereka juga harus tetap menjaga asupan makanan nya dan juga memenuhi kebutuhan gizi dengan baik. Hal ini semua juga dapat dilakukan agar nantinya para lansia tidak akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Nah supaya tubuh lansia tidak mudah sakit dan tetap prima berikut dalam artikel ini akan dibahas beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh para lansia.

Daging dan Telur Mentah

Beberapa orang menganggap bahwa hidangan berbahan dasar olahan yang mentah adalah makanan yang sangat lezat, seperti halnya daging merah, ikan dan juga telur. Namun, ini bukan makanan yang dapat dianjurkan untuk dikonsumsi sebab jenis makanan tersebut belum tentu terjamin kebersihannya. Mereka bisa saja mengandung beberapa bakteri yang tidak mati karena belum dimasak. Akibatnya dari beberapa bakteri berbahaya ini nantinya kesehantan lansia akan terganggu. Oleh karena itu para lansia sendiri sebaiknya tidak memilih untuk mengkonsumsi makanan seperti ayam, ikan laut yang dimasak hingga matang terlebih dahulu

Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Olahan susu memang salah satu hal yang baik jika dikonsumsi oleh lansia. Namun beda halnya dengan susu yang Dipasteurisasi, karena susu jenis ini beresiko mengandung bakteri yang umumnya lebih tinggi dari pada susu yang tidak di Dipasteurisasi karna dalam kandungan susu tersebut mineralnya sudah tidak utuh. Susu yang baik dikonsumsi untuk lansia umumnya adalah susu yang dipanaskan terlebih dahulu untuk dapat membunuh bakteri berbahaya di dalamnya sehingga dapat aman dikonsumsi untuk lansia.

Makanan Tinggi Sodium

Jika terlalu banyak garam sendiri bisa menjadi salah satu masalah serius bagi lansia terutama jika memiliki sebuah riwayat hipertensi. Jika makanan yang dikonsumsi memang tidak terasa gurih maka cobalah untuk menambahkan beberapa rempah-rempah alami daripada menambahkan jumlah garam. Salah satu yang dapat anda tambahkan untuk pengganti garam adalah udang kering ataupun kaldu yang anda buat sendiri, tentunya hal tersebut akan lebih sehat. Selain itu juga anda bisa meninjau kandungan natrium pada sebuah label nutrisi. Menurut para ahli gizi lansia sendiri yang berusia di atas 71 harus dapat membatasi asupan natrium yang masuk yaitu kurang lebih dari 1,2 gram per hari.

Kafein

Kafein juga menjadi salah satu zat yang tidak hanya dapat membuat seseorang susah untuk tidur nyenyak tetapi juga dapat meningkatkan sebuah kecemasan dan membuat jantung umumnya akan berdetak lebih cepat dan juga tidak teratur. Hal ini juga bisa berbahaya jika seseorang yang lansia memiliki masalah pada jantung. Selain kopi, kafein sendiri juga dapat ditemukan pada makanan lainnya seperti halnya teh, beberapa minuman bersoda, coklat dan juga obat-obatan tertentu yang biasanya digunakan untuk dapat menghilangan rasa sakit.

Soda dan Minuman Manis

Minuman soda yang biasanya dicampur dengan menggunakan es mungkin akan terlihat sangat menggoda jika biasanya dapat dinikmati di cuaca yang sedang panas dan juga ketika haus. Namun, minuman yang bersoda soda dan juga banyak minuman seperti minuman penambah stamina lainnya mengandung banyak sekali gula. Dalam satu porsi minuman cola sendiri biasanya saja dapat mengandung 39 gram gula di dalam satu porsi 12 ons, yang mana itu artinya setara dengan hampir 10 sendok teh gula dalam minuman.

Jika seorang lansia sendiri mengidap prediabetes,mengkonsumsi teratur jenis minuman tersebut tentunya dapat meningkatkan gula darah sangat drastis dan dapat menyebabkan ia mengalami diabetes. Kelebihan gula juga dapat menyebabkan obesitas dan juga berbagai masalah kesehatan lainnya, oleh sebab itu mengontrol makan yang mengandung gula berlebih adalah salah satu hal yang penting yang harus dilakukan. Mengingat gula sendiri jika dikonsumsi berlebih akan berakibat buruk bagi tubuh.

Makanan Rendah Lemak

Di berbagai media, banyak ajakan perang untuk melawan lemak dan hal ini umumnya sudah berlangsung sejak lama. Akhirnya ini lah yang akan menyebabkan kan beberapa orang memang menghindari lemak demi dapat menjaga kesehatannya. Padahal dengan cara menghindari makanan dan juga lemak yang sehat, seperti yang biasanya terdapat pada ikan, kacang-kacangan dan juga minyak zaitun memiliki manfaat sebagai pelindung kesehatan jantung yang ada. Selain itu juga lemak sehat sendiri dapat berguna untuk membantu lansia dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu penting sekali untuk dapat memilih asupan makan yang dapat mengandung lemak sehat. Lemak sehat ini juga memberikan perlindungan kulit dan juga berguna untuk otak dan juga sendiri sebagai salh satu cadangan serta energi dalam tubuh. Selain dapat berguna untuk menjaga asupan makanan, penting juga untuk menerapkan pola hidup sehat dengan cara lain seperti halnya olahraga dan juga menghindari stress.

Tauge

Kecambah, atau sayuran serta biji-bijian memang menyediakan berbagai macam asupan dan juga nutrisi, seperti halnya vitamin dan juga mineral yang berguna untuk kesehatan. Meskipun demikian, terdapat pengecualian tentunya jika lansia mengkonsumsi tauge. Sayuran ini umumnya menjadi cukup berbahaya jika untuk lansia, dikarenakan merupakan salah tempat sebuah tempat berkembang biak bakteri sumber penyakit. Ketika pada saat benih bertunas, mereka nantinya dapat menumbuhkan bakteri seperti halnya bakteri Salmonella dan juga bakteri E. coli, yang kemudian bisa terperangkap di dalam biji toge. Jika nantinya lansia mengkonsumsi biji yang sudah terkontaminasi, maka dapat mengalami kondisi yang cukup berbahaya seperti halnya pneumonia atau pun juga penurunan berat badan.

Itulah beberapa makanan yang seharusnya dapat dihindari lansia. Lansia sendiri umumnya memiliki metabolisme yang lebih rendah dari pada seseorang yang mempunyai kondisi fisik yang masih prima. Dengan cara menghindari beberapa jenis makanan diatas dapat menghindarkan lansia dari berbagai macam penyakit hingga komplikasi. Semoga info ini dapat bermanfaat. Terimakasih.